Haii sobat Reclea Brick.
Gimana kerjaan kamu saat ini, apakah nyaman dan lancar aja?
Oiya kamu kerjanya dari kantor atau dari rumah guys?
Di zaman sekarang ini, sudah banyak pekerjaan yang bisa kalian lakuin tanpa harus ke kantor. Kalo anak jaman now sih nyebutnya WFH(Work From Home). Kalo kamu termasuk yang berkerja dari mana nih sob? Dari kantor atau dari rumah?
Nah untuk kamu yang lagi bekerja dari rumah. Ada ngerasa bosen ga sih sama ruangan kerja kamu yang bentuknya gitu-gitu aja? Atau sebenarnya kamu bingung bagaimana cara menciptakan ruang kerja yang nyaman?
Kebetulan banget Kamu mampir di laman ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas 6 cara ampuh untuk menciptakan ruang kerja yang tidak hanya nyaman, tetapi juga bikin kamu betah kerja sampai berjam-jam!
Oke kita langsung aja masuk ke tipsnya :
1. Temukan Lokasi Rahasia di Rumahmu!
Yak betul, lokasi rahasia. Tapi maksudnya bukan supaya kamu ga keliatan sama orang-orang di rumah ya hehe. Maksud mimin tuh cari lokasi rahasia di rumah yang bisa jadi spot kerja ideal kamu. Pilih area yang tenang, jauh dari gangguan, dan pastikan itu bukan tempat orang-orang berkumpul. Nggak ada salahnya memanfaatkan sudut-sudut ruangan yang tersembunyi. Tempat yang tidak terduga pun bisa menjadi lokasi kerja yang nyaman loh, misalnya seperti di area paling belakang rumah, di sudut ruangan yang tidak banyak orang berkumpul, atau bahkan di balkon rumah kamu. Ayo tentukan terlebih dahulu lokasi ruangan yang ingin kamu jadikan ruangan untukmu bekerja!
2. Pencahayaan yang Baik Bikin Kerja Makin Fokus
Nah yang kedua, kamu harus tahu rahasia membuat pekerjaan kamu jadi lebih lancar. Pencahayaan ruangan kerjamu harus maksimal agar kamu bisa fokus bekerja. Letakkan meja kerja di dekat jendela untuk mendapatkan sinar matahari alami. Tambahkan lampu meja yang dikhususkan untukmu. Dengan pencahayaan yang optimal, kamu bisa fokus tanpa rasa ngantuk. Menentukan titik pencahayaan yang baik akan sangat membantu membuat suasa kerjamu lebih menyenangkan.
3. Gunakan Furnitur yang Ergonomis
Ada banyak dari kita yang merasa cepat pegal ketika bekerja. Terkadang badan kita tidak dalam posisi postur yang tepat. Nah untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba mengganti kursi kamu menggunakan kursi yang lebih ergonomis. Kursi-kursi ini biasanya di design khusus untuk kamu bisa duduk lama tanpa harus merasakan pegal sambil bekerja.
Satu lagi yang penting, Meja kerja kamu juga harus yang tepat. Maksudnya bagaimana min?
Maksudnya itu, meja yang kamu punya harus memiliki tinggi yang sesuai dengan tubuh kamu. Kamu harus bisa menyesuaikan tinggi layar laptop/komputer kamu dengan posisi mata kamu. Ini sangat membantu agar kamu tidak membungkuk saat melakukan kerjaan kamu.
4. Ruang Kerja Rapi = Pikiran Lebih Jernih
Ini dia, trik yang sering diabaikan! Jaga kebersihan dan keteraturan. Singkirkan semua barang yang tidak perlu dari meja kerja. Simpan alat tulis dan dokumen di tempatnya agar meja tetap rapi. Dengan ruang kerja yang bersih, pikiran kamu pun pasti lebih jernih. Satu langkah kecil ini bisa meningkatkan produktivitas kerjamu secara drastis!
5. Sentuhan Pribadi: Dapatkan Suasana yang Kamu Suka
Ternyata ruangan kerja kita wajib untuk ditambahkan barang-barang pribadi kita juga lho guys! Supaya apa? Supaya ada penyemangat dan ciri khas di ruangan tersebut yang membuat kamu senang. Misalnya seperti meletakkan photocard orang tersayang kamu, hewan kesayangan kamu, atau bahkan idol favorit kamu. Kamu juga bisa meletakkan photo keluarga disana. Atau jika kamu memiliki mainan/stuff favorit, bisa juga tuh diletakin di ruangan kerja kamu. Dengan adanya barang-barang kecil tersebut, mimin yakin kamu pasti jadi lebih semangat kerjanya
6. Tambah Musik
Terkadang kita sering kali merasa penat saat bekerja karena suasana yang tidak sesuai dengan mood kita. Untuk mengatasi hal tersebut, mimin saranin kamu untuk hidupin musik dengan genre pop. Biasanya mood kita akan sesuai dengan lagu yang kita dengarkan, jadi sangat bagus untuk kita play lagu yang bikin mood naik. atau jika kamu sudah terlalu bersemangat, kamu bisa juga menghidupkan musik relaksasi agar kamu lebih fokus.
Dengan 6 cara ampuh di atas, kamu bisa menciptakan ruang kerja yang nyaman dan bikin betah! Tidak hanya meningkatkan produktivitas, tetapi juga membawa kebahagiaan saat bekerja dari rumah. Yuk, mulai ubah ruang kerjamu sekarang juga!